Batamusik Batamusik
Mau mempublikasikan karya dan movement musik kamu di Batamusik? Klik di sini

Warna Baru dari Cangget Agung oleh SINDIKAT SISA SEMALAM

Press release: Warna Baru daru Cangget Agung oleh SINDIKAT SISA SEMALAM
Warna Baru dari Cangget Agung oleh SINDIKAT SISA SEMALAM

Lagu Cangget Agung merupakan lagu yang lahir dari tradisi masyarakat adat Lampung, yakni upacara cangget agung atau begawi. Cangget agung atau begawi adalah upacara pengambilan gelar raja yang biasanya berdampingan dengan perkawinan. Cangget agung juga disebut "naik pepadun", yakni budaya masyarakat agung.

Lagu ciptaan maestro asal Lampung Syaiful Anwar (alm) dibawakan kembali oleh Sindikat Sisa Semalam dengan musik bernuansa LoFi berbalut nuansa melayu yang lebih energic sehingga lagu tersebut bisa dinikmati oleh kaum GenZ sekalipun.

"Cangget Agung" kini telah tersedia di seluruh platform streaming besar, dan video musiknya dapat disaksikan di kanal YouTube resmi Sindikat Sisa Semalam.

Tentang Sindikat Sisa Semalam

Sindikat Sisa Semalam, sebuah project music dari Kew (FourTwnty, Beage) sebagai keyboards, synth, guitar, music programmer, Awan (My Pants Getting Wet, The Syalala) sebagai vokalis dan Rahman Utara (Udara) vocal, ukulele yang memainkan genre cross culture yang memadukan lirik berbahasa Lampung dibalut dengan musikpop bernuansa hip hop lo-fi.

Pada awal proses kreatif, kolaborasi musik bernafas kultural ini merilis beberapa lagu cover version berbahasa daerah Lampung milik seniman lokal, hinga akhirnya mengeluarkan single ditahun 2023 dengan judul “Hikayat Bujang” dan sudah bisa dinikmati disemua kanal digital.