Batamusik Batamusik
Mau mempublikasikan karya dan movement musik kamu di Batamusik? Klik di sini

Menghadapi Keterpura-puraan dalam Single Terbaru BiruMuda “Sandiwara”

Press release: Menghadapi Keterpura-puraan dalam Single Terbaru BiruMuda “Sandiwara”
Menghadapi Keterpura-puraan dalam Single Terbaru BiruMuda “Sandiwara”

Terinspirasi dari riset psikologis kualitatif tentang aplikasi kencan online dan film dokumenter “Tinder Swindler” yang sedang trending di tahun 2022, BiruMuda memutuskan untuk menulis lagu tentang kepura-puraan, atau menciptakan fasad dalam suatu hubungan. Kepura-puraan atau sandiwara, baik dalam hubungan romantis maupun non-romantis, kerap kali terjadi di kehidupan sehari-hari kita. Meski idealnya hubungan dijalin secara sehat, yaitu melalui perasaan dan komitmen yang tulus, tidak jarang kenyataan yang kita hadapi malah menunjukkan hal sebaliknya.

Tema tersebut terwakili secara sempurna dengan kata “Sandiwara” dalam bahasa Indonesia, itulah sebabnya kata tersebut diangkat sebagai judul dari single ini, dimana liriknya disesuaikan untuk mencerminkan situasi sehari-hari yang terjadi di sekitar kita.

Dibalut irama modern pop dengan sentuhan nuansa 80-an, Sandiwara terdengar sedikit lebih ballads dibanding single-single sebelumnya yang ceria dan mental dengan nuansa City Pop.

Lagu ini tercipta melalui proses kreatif kolektif yang melibatkan seluruh anggota BiruMuda. Dimana Erlin sebagai penulis lirik, Fathur sebagai produser, Rex sebagai penata musik, Mirza sebagai gitaris, dan Hanif sebagai bassis. Masing-masing anggota memberikan kontribusi yang signifikan dengan melontarkan ide dan memberikan masukan, sehingga terciptalah komposisi lagu "Sandiwara" yang lengkap.