Batamusik Batamusik
Mau mempublikasikan karya dan movement musik kamu di Batamusik? Klik di sini

Memahami Indie Pop Lewat 5 Band Ini

Tahukah kalian bahwa musik yang dilabeli indie pop tidak harus selalu terdengar pop, Sobat Batamusik?
Memahami Indie Pop Lewat 5 Band Ini
Image courtesy of Christian Bertrand/Shutterstock

Berdasarkan pengamat musik yang meneliti tentang perkembangan indie pop, genre tersebut sebetulnya dianggap sebagai bagian dari derivasi atau turunan post punk dan juga alternative rock. Meskipun begitu, masih banyak pemahaman yang berbeda dari beberapa pengamat mengingat setiap negara punya landasannya sendiri. Namun, Inggris dan Amerika Serikat jadi dua negara yang dianggap sebagai poros musik indie pop hingga saat ini.

Perkembangan indie pop di Inggris dimulai di akhir tahun 1970-an. Di era tersebut, Inggris cukup mendapatkan perkembangan musik secara besar-besaran. Para musisi di Inggris mulai melakukan eksperimen terhadap musik-musik mereka. Di era tersebut, mulai terdengar istilah new wave sebagai gelombang baru dalam bermusik yang lekat dengan integrasi musik analog dan elektronik. Di luar itu, hadir juga gerakan indie pop.

Di Inggris, indie pop lahir dari post-punk sebagai inspirasi. Namun, musisi indie pop di zaman itu mulai meninggalkan lirik-lirik agresif dan permainan musik pun terdengar lebih mengedepankan harmonisasi dibandingkan emosi. Hal ini selaras dengan gaya permainan musik pop yang tengah berkembang saat itu. Namun, musisi yang mulai mempopulerkan indie pop ini masih berada dalam radar skena independen, sehingga menawarkan sudut pandang yang berbeda dari karya musik pop mainstream kala itu.

Dengan berada di dalam skena independen, para musisi indie pop ini juga cukup aktif berkontribusi dalam mengembangkan potensi musik di skala komunitas. Para musisi dan juga pihak yang berada di balik pergerakan indie pop ini mencoba untuk membangun ekosistem yang saling mendukung, seperti mengadakan konser di kawasan mereka tinggal dan juga membentuk label rekaman independen. Hal tersebut menawarkan kebebasan dalam bermusik yang berakar dari pergerakan punk dengan warna musik yang lebih lembut.

Band indie pop

Di zaman modern saat ini, indie pop tidak lagi jadi sebuah pergerakan melainkan jadi salah satu acuan untuk menawarkan warna musik yang unik. Hal tersebut juga terbukti berkat banyaknya musisi indie pop yang hadir mewakili setiap generasi. Berikut adalah di antaranya.

1. The Smith

Inggris jadi salah satu pusaran besar dalam perkembangan indie pop. hal tersebut hadir salah satunya berkat The Smiths. Bahkan band ikonis ini pun identik sebagai salah satu punggawa yang membuka jalan bagi generasi britpop di tahun-tahun berikutnya. Sepanjang mempopulerkan indie pop, The Smiths jadi salah satu band yang cukup produktif. Selama 5 tahun, sejak tahun 1982 hingga 1987, band indie pop satu ini berhasil merilis 4 buah album penuh.

Di luar album penuh, banyak juga single, EP, serta album kompilasi yang dituangkan The Smiths semasa mereka bersama. Selepas band indie pop ini bubar pun, gegap gempita akan The Smiths pun seakan tidak berkurang. Malah, bisa dibilang setiap generasi mendapatkan kesempatan untuk bisa mendengarkan The Smiths. Hal tersebut juga diakomodasi dengan rilisnya beberapa album terbaik dari band indie pop satu ini.

2. Belle & Sebastian

Perkembangan musik indie pop menjadi genre yang bisa berevolusi setiap zaman. Masuk di tahun 1990-an, Belle & Sebastian jadi salah satu band asal Skotlandia yang cukup dikenal mengibarkan bendera indie pop. Belle & Sebastian juga jadi bagian yang ikut serta untuk berevolusi sepanjang karier mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan eksistensi band indie pop Skotlandia ini yang masih terjaga hingga saat ini.

Total ada 10 album yang sudah dirilis oleh Belle & Sebastian sepanjang karier mereka. Terakhir band indie pop satu ini merilis album terbarunya pada 2019 lalu. Di luar proyek musiknya sendiri, Belle & Sebastian juga jadi salah satu band indie pop yang kerap membuka diri untuk berkolaborasi lintas genre dengan musisi lainnya.

3. Beach House

Selain di kawasan Inggris Raya, indie pop juga cukup berkembang dengan pesat di Amerika Serikat. Beach House merupakan salah satu band indie pop yang cukup pipuler dari negeri Paman Sam tersebut. Meskipun sama-sama berada di bawah naungan indie pop, nuansa musik yang ditawarkan oleh Beach House melalui karyanya cukup berbeda. Selain di kawasan Inggris Raya, indie pop juga cukup berkembang dengan pesat di Amerika Serikat. Beach House merupakan salah satu band indie pop yang cukup pipuler dari negeri Paman Sam tersebut. Meskipun sama-sama berada di bawah naungan indie pop, nuansa musik yang ditawarkan oleh Beach House melalui karyanya cukup berbeda.

Band indie pop satu ini dikenal dengan permainan ambience yang kuat. Cukup menghadirkan kontras dibandingkan dengan karya musik indie pop yang lebih dulu dipopulerkan oleh Belle & Sebastian maupun The Smiths sebelumnya

Band indie pop satu ini dikenal dengan permainan ambience yang kuat. Cukup menghadirkan kontras dibandingkan dengan karya musik indie pop yang lebih dulu dipopulerkan oleh Belle & Sebastian maupun The Smiths sebelumnya.

4. Vampire Weekend

Vampire Weekend merupakan salah satu band indie pop yang cukup unik. Sentuhan eksperimen yang dihadirkan oleh band Amerika Serikat ini kerap juga disandingkan sebagai band indie rock. Namun dengan begitu, dapat dipahami bahwa musik indie pop yang dibawakan oleh Vampire Weekend punya keunikan tersendiri yang kembali membuka gerbang eksplorasi untuk ditiru oleh musisi pendatang baru lainnya. Keunikan Vampire Weekend dalam bermain musik indie pop ini pun juga membantu mereka untuk menjaga eksistensinya di industri musik.

5. Mac Demarco

Meskipun identik dengan genre lo-fi, nyatanya karya-karya Mac Demarco dianggap oleh beberapa pihak sebagai salah satu bentuk eksplorasi musik indie pop saat ini. Musik indie pop yang ditawarkan oleh Mac Demarco lewat karya-karyanya juga cukup variatif. Hal tersebut didukung oleh keahlian sang musisi sebagai multi instrumentalis. Sebagai musisi indie pop solois dalam daftar ini, Mac Demarco sudah berhasil merilis 4 buah album penuh dengan 2 mini album. Mac Demarco juga jadi salah satu musisi indie pop yang masih cukup produktif saat ini. Di masa pandemi, sang musisi juga merilis sebuah album demo berjudul Other Here Comes The Cowboy Demos.

Credit:
Superlive.id