Batamusik Batamusik
Mau mempublikasikan karya dan movement musik kamu di Batamusik? Klik di sini

Apa itu Audius? Layanan Berbagi dan Streaming Musik Terdesentralisasi

Seperti Spotify atau SoundCloud, tetapi di blockchain: Audius adalah aplikasi streaming musik bertenaga crypto yang memberikan hak sepenuhnya ke Artis
Apa itu Audius?  Layanan Berbagi dan Streaming Musik Terdesentralisasi

Secara singkat

  • Audius adalah layanan streaming musik terdesentralisasi yang didukung oleh blockchain dengan fitur media sosial.
  • Dimiliki dan dijalankan oleh komunitas seniman, penggemar, dan pengembang sumber terbuka, dan memiliki token kripto sendiri, AUDIO.

Layanan streaming musik memiliki lebih dari 400 juta pelanggan di seluruh dunia, dan meraup pendapatan lebih dari $13 miliar tahun 2020. Tetapi kritikus industri mengklaim bahwa artis diberi kompensasi yang tidak adil untuk pekerjaan mereka, kemudian musisi dan politisi sama-sama mengklaim bahwa artis dan penulis lagu "kalah".

Di situlah Audius masuk. Ini adalah protokol berbagi dan streaming musik bertenaga crypto yang bertujuan untuk memberi artis lebih banyak kekuatan tentang bagaimana musik mereka dimonetisasi dan memungkinkan mereka untuk terhubung langsung dengan penggemar.

Salah satu aplikasi crypto non-keuangan terbesar, Audius dimiliki dan dijalankan oleh komunitas seniman, penggemar, dan pengembang sumber terbuka. Ini melewati lebih dari 6 juta pengguna unik pada Maret 2022, melonjak dari 3,9 juta pengguna unik pada Januari 2021. Pengguna mendengarkan trek 7,5 juta kali selama April 2021, bulan tersibuk bagi Audius sejauh ini.

Ini didukung oleh AUDIO, token tata kelola protokol, dengan Market Cap lebih dari $500 juta per Maret 2022.

Jadi apa yang membuat proyek ini sangat berbeda dari platform streaming musik lainnya?

Apa itu Audius?

Didirikan pada tahun 2018, Audius adalah layanan streaming musik terdesentralisasi dengan komponen media sosial. Ini memungkinkan artis mengunggah lagu mereka ke aplikasi dan menghubungkan penggemar secara langsung dengan artis dan musik baru yang eksklusif.

Pada tingkat teknis, ini adalah protokol blockchain yang memungkinkan seniman menghasilkan catatan abadi dan stempel waktu untuk karya kreatif mereka, diamankan oleh jaringan operator node yang terdesentralisasi.

Awalnya dibangun di POA Network, sidechain Ethereum, dan kemudian memindahkan sebagian layanannya ke blockchain Solana. Pengembang dapat membangun aplikasi mereka sendiri di atas Audius, memberi mereka akses ke katalog audio yang unik.

Audius meluncurkan layanan mainnetnya pada Oktober 2020 dengan konser streaming langsung yang menampilkan deadmau5 dan RAC.

Tetapi tidak seperti kebanyakan proyek blockchain lainnya, itu tidak mengalami masalah karena terlalu teknis sehingga siapa pun yang tidak menyukai crypto secara otomatis ditinggalkan. “Pengguna tidak akan menggunakan barang-barang kami jika mereka jauh lebih sulit digunakan daripada Google, Facebook, SoundCloud, Steam, atau apa pun itu,” salah satu pendiri Roneil Rumburg mengatakan kepada Decrypt pada 2019.

Audius menerima $ 5 juta modal investasi pada tahun 2018 dari perusahaan VC General Catalyst, Lightspeed, dan Pantera Capital, dan $ 1,25 juta dalam pendanaan dari Binance Labs, cabang ventura dari pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan volume.

Bagaimana Audius Bekerja?

Audius berfungsi seperti koperasi musik, dengan insentif penyelarasan token di tiga kelompok konstituen yang membuat jaringan berfungsi: operator node, artis, dan penggemar.

Karena Audius didasarkan pada blockchain, ia beroperasi melalui jaringan node terdesentralisasi yang menampung konten (node konten) dan mengindeks konten tersebut (node penemuan).

Dan tentu saja, sebagai proyek blockchain, ia hadir dengan cryptocurrency.

Jaringan Audius didukung oleh token Audius ERC-20 berbasis Ethereum (AUDIO), yang memiliki tiga fungsi:

  • Keamanan jaringan - operator simpul mempertaruhkan token untuk menjalankan simpul dan, sebagai imbalannya, mendapatkan imbalan dari jaringan.
  • Fitur eksklusif - artis mendapatkan fitur premium dengan mempertaruhkan token, seperti menampilkan koleksi kripto NFT di situs.
  • Tata Kelola - token yang dipertaruhkan diperlukan untuk memberikan suara pada setiap dan semua proposal, yang membuat perubahan pada kode dan jaringan secara keseluruhan.

Tetapi tidak ada pengetahuan tentang blockchain atau crypto yang benar-benar diperlukan untuk berpartisipasi dalam Audius, yang sebagian menjelaskan mengapa itu populer bahkan di antara mereka yang berada di luar komunitas crypto.

Platform secara otomatis menghargai pencapaian tertentu dengan token AUDIO: 5 trek tren mingguan teratas, 5 trek trending teratas, 5 daftar putar trending teratas, 10 aplikasi API teratas, atau unggahan oleh mereka yang memiliki akun Twitter atau Instagram terverifikasi.

Kadang-kadang, protokol juga mengirimkan sejumlah besar token AUDIO berdasarkan formula yang memperhitungkan tidak hanya jumlah pendengar tetapi juga tingkat keterlibatan sosial yang telah ditampilkan artis. Pada Oktober 2020, layanan mendistribusikan total 50 juta token AUDIO antara 10.000 artis dan pengguna di platform.

Protokol tersebut belum menyusun kebijakan monetisasi yang lebih teratur dan konsisten sesuai dengan rencananya untuk mendistribusikan 90% dari pasokan token kepada artisnya.

Token AUDIO terdaftar dan dapat diperdagangkan untuk crypto lain di sejumlah bursa termasuk Binance, FTX, Gate.io dan pertukaran terdesentralisasi (DEX) Uniswap. Untuk bursa lokal di Indonesia bisa menggunakan TokoCrypto.

Apa Istimewanya Audius?

Audius berbeda dari layanan streaming musik lainnya karena berbasis blockchain, yang membentuk cara kerja semuanya.

Artis dapat mengunggah trek mereka tanpa biaya dan pengguna dapat mendengarkannya secara gratis sementara semua orang mendapatkan uang (crypto).

Model pengaturan layanan streaming musik bersama adalah aspek unik yang juga didukung oleh blockchain.

Tidak ada proses pemeriksaan untuk memulai sebagai artis, jadi kamu dapat langsung mengunggah lagu kamu sendiri. Cukup klik "Unggah Lagu" setelah mendaftar secara gratis, dan letakkan file musik dan karya seni kamu. Ini menawarkan streaming pada 320kbps-sebanding dengan Spotify dan Google Play Music, meskipun tidak sampai dengan standar 24bit dari Tidal HiFi dan Amazon Music HD.

Karena konten Audius didistribusikan di seluruh node terdesentralisasi, perlindungan hak cipta tidak dapat diterapkan saat ini. Namun protokol tersebut saat ini sedang mengembangkan sistem arbitrase yang terdiri dari anggota komunitas yang akan memutuskan apakah akan menghapus konten tertentu.

Kurangnya kontrol terpusat Audius juga berarti menyediakan tempat yang aman bagi seniman dari rezim yang menindas para seniman yang menggunakan musik sebagai sarana perbedaan pendapat dan protes.

Banyak artis terkenal memperlakukan Audius sebagai tempat untuk bereksperimen atau berbagi lagu yang tidak akan ada di platform lain seperti Work In Progress ("WIPs"), ketukan akhir pekan, set berdurasi panjang, atau bahkan konten yang lebih beragam dan mereka merasa nyaman ditempatkan di tempat lain.

Apa yang bisa saya dengarkan di Audius?

Pada intinya, ini sebagian besar merupakan platform indie. Tapi artis label besar juga diterima.

Ada lebih dari 100.000 artis di Audius, termasuk nama-nama yang relatif terkenal seperti Skrillex, Weezer, deadmau5, Russ, Mike Shinoda, Diplo, Madeintyo, Odesza, Disclosure, Alina Baraz, dan Wuki.

Umumnya, artis memulai dengan satu atau dua lagu dan kemudian berkembang saat mereka mendapatkan umpan balik positif dari penggemar di platform. Beberapa nama besar seperti Mr. Carmack mengunggah sebagian besar konten sejarah mereka, total 169 lagu.

Fitur lain Audius yang biasanya tidak umum di industri ini adalah kolaborasi artis-penggemar melalui kompetisi remix, yang menghasilkan lebih banyak trek eksperimental untuk dinikmati.

Masa Depan

Pada Agustus 2021, Audius terpilih sebagai salah satu mitra TikTok karena fungsionalitas Sound Kit-nya, yang memungkinkan transfer lagu ke platformnya. 75% pengguna TikTok di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi sebagai sarana untuk menemukan musik baru, yang kemungkinan juga berlaku untuk basis pengguna global secara keseluruhan yang berjumlah 730 juta.

Kemitraan baru-baru ini dengan TikTok dapat membuat protokol menjadi lebih menarik bagi artis mapan yang ingin terpapar viralitas gila TikTok.

Salah satu pendiri Audius, Rumburg, mengonfirmasi kepada Decrypt bahwa protokol tersebut sedang mengerjakan lebih banyak rencana yang mirip dengan kemitraan TikTok-nya. “Integrasi TikTok sangat menarik, dan menunjukkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Audius akan terus [memperluas] cakupan toolchain yang tersedia untuk membantu artis mengembangkan pengikut mereka seefektif mungkin, dan memanfaatkan atau memonetisasi hubungan mereka dengan penggemar dengan lebih baik,” katanya.

Dan jika Audius terus mendapatkan daya tarik, kemungkinan akan mengarah pada berkembangnya proyek serupa. Sejauh ini proyek musik berbasis blockchain lainnya termasuk Songcamp, Catalog, dan Song That Owns Itself.

Bagaimana, tertarik untuk hijrah ke Web 3.0 Batamusikfriends?

Referensi:
Decrypt.co - What is Audius? The Decentralized Music Sharing and Streaming Service